Home / EKORAT / BUMD / Woww… Jajanan ‘Ndeso’ Lamongan Tembus Ritel Modern
Yuni kurdung hitam sambil membawa kripik hasil produksinya saat berpose bersama Bupati Fadeli dan Kadisperindagkop
Yuni kurdung hitam sambil membawa kripik hasil produksinya saat berpose bersama Bupati Fadeli dan Kadisperindagkop

Woww… Jajanan ‘Ndeso’ Lamongan Tembus Ritel Modern

JatimMANDIRI.com, Lamongan – Berbagai jajanan ndeso mulai keripik jagung, mbothe (umbi talas), produk UD lembah Hijau asal Kedungpring tembus ritel modern di berbagai kota besar.

Kini masyarakatpun tidak sulit mendapatkan jajanan ndeso Lamongan itu diberbagi ritel, bahkan ritel sekelas Carrefour dan Giant di Surabaya kini rutin mengorder snack dari Yuni, sedangkan ritel Indomart dan Alfamart sudah melakukan kontrak dan bakal memasok snack untuk seluruh jaringan Alfamart di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali.

Ditemui usai melakukan audiensi dengan Bupati Fadeli, Yuni menuturkan awal usahanya di tahun 2007 dikelolanya seperti ibu-ibu kebanyakan. Membuat jajanan keripik jagung, dikemas dalam wadah plastik sekedarnya, dan hanya dipasarkan di sekitar rumahnya.

Berbekal semangat untuk menjadi lebih baik, Yuni mulai rutin mengikuti berbagai pelatihan. Seperti yang dilakukannya di tahun 2008 dengan mengikuti pelatihan yang dilaksanakan UPT Pendidikan Pelatihan dan Promosi Ekspor Surabaya.

Dari pelatihan itu, dia mulai meningkatkan kualitas produk dan terutama mengemas jajanan ndeso itu dengan kemasan yang lebih layak pasar. Berbagai pameran dagang pun rutin dia ikuti untuk memasarkan produknya.

Hasilnya, pesanan terus mengalir. Dia bahkan kemudian memutuskan keluar dari pekerjaan tetapnya di BPR Kredit Usaha Rakyat Kecil (KURK) di Kecamatan Glagah yang sudah digelutinya selama 16 tahun.

Dari berbagai upaya promotifnya itu, produknya kemudian sukses menembus etalase berbagai ritel modern. Nama ritel modern seperti Carrefour dan Giant di Surabaya kini rutin mengorder snack dari Yuni.

Itu belum termasuk beberapa ritel modern di luar Pulau Jawa yang juga sudah menjadi konsumen tetap UD Lembah Hijau. “Saat ini kami sudah menerima kontrak memasok snack untuk seluruh jaringan Alfamart di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan Bali, “ ujar Yuni.

Konsumen tetap Yuni lainnya adalah Pemprov Jawa Timur. Mereka rutin memesan 2 ton keripik talas dan 3 ton keripik jagung setiap kali ada pameran atau event tertentu. Di mengungkapkan, kapasitas produksinya kini sudah mencapai 5 kwintal perhari untuk setiap jenis snack.jir

About redaksi

Check Also

img_0065-1.jpg

Relawan Jokowi Sebut Jawa Timur Butuh Pemimpin Seperti Khofifah

    JatimMandiri, SURABAYA – Berangsur-angsur dukungan secara alamiah terus mengalir kepada kandidat calon Gubernur …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *