Home / KORUPCANG / KPK Tetapkan Bupati Nganjuk Asal PDI-P Jadi Tersangka
Bupati Ngajuk Taufiqurahman saat mendampingi petugas KPK di kantornya. (ist)
Bupati Ngajuk Taufiqurahman saat mendampingi petugas KPK di kantornya. (ist)

KPK Tetapkan Bupati Nganjuk Asal PDI-P Jadi Tersangka

Jakarta, JatimMandiri – Bupati Nganjuk, Drs. H Taufiqurahman resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi). Penetapan tersangka ini diduga tekait dalam kasus korupsi APBD tahun 2009-2015 yang melibatkan ketua DPC PDI Perjuangan Nganjuk ini.

Taufiqurahman diduga telah menyalahgunakan wewenangnya sebagai Bupati Nganjuk dalam sebuah proyek yang dibiayai APBD Kabupaten Nganjuk.

Penetapan tersangka ini dibenarkan oleh Ketua KPK, Agus Rahardjo. “Iya sudah (Ditetapkan tersangka),” singkat Agus usai bertemu dengan Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di kantornya, Jalan HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (5/12).

Kendati demikian, Agus belum merinci lebih jauh perihal kasus korupsi yang menyeret Taufiqurahman. Dia bahkan tak mengingat kapan dikeluarkannya surat perintah dimulainya penyidikan (sprindik). “Saya lupa tanggalnya,” tandasnya.

Ini merupakan kali kesekian, KPK era Agus Rahardjo Cs tidak mengumumkan penetapan tersangka secara terbuka. Namun Agus pernah menyampaikan bahwa KPK tidak memiliki kewajiban mengumumkan status tersangka seseorang.

Padahal dalam Pasal 5 Undang-undang nomor 30 tahun 2002 tentang KPK disampaikan secara jelas bahwa ‘Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, KPK berasaskan pada kepastian hukum, keterbukaan, akuntabilitas, kepentingan umum, dan proporsionalitas’.

Pagi hari tadi, penyidik KPK melakukan penggeledahan di ruang kerja Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang Ita Tribawati. Penyidik membawa sejumlah barang dari ruang kerja Ita, yang dikemas ke dalam sebuah koper besar warna cokelat, kardus air mineral, dan satu kantong plastik warna putih.

Informasinya, Ita Tribawati merupakan istri dari Taufiqurrahman. Namun, KPK belum memberikan penjelasan secara rinci apakah penggeledahan itu berkaitan dengan penetapan tersangka Taufiqurrahman. bo/to

About redaksi

Check Also

Bupati Pamekasan saat ditangkap KPK.

Partai Demokrat Pastikan Bupati Pamekasan Bukan Pengurus

SURABAYA, JatimMandiri – Ditangkapnya Bupati Pamekasan H Ahmad Syafii oleh KPK membuat sejumlah partai pengusungnya …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *