Home / KORUPCANG / Pengusaha Muda Tertipu Hacker
Pengusaha inipun merugi sebesar 7 juta yang di transfernya melalui M-Banking BCA. . JM
Pengusaha inipun merugi sebesar 7 juta yang di transfernya melalui M-Banking BCA. . JM

Pengusaha Muda Tertipu Hacker

JatimMandiri, Surabaya – Sial menimpa Andry Adam (43) warga Jalan Rungkut Mejoyo Selatan, Surabaya. Pengusaha muda ini tertipu oleh hacker yang meretas facebook (FB) temannya. Pengusaha inipun merugi sebesar 7 juta yang di transfernya melalui M-Banking BCA.

Kejadian itu menimpa Andry pada Minggu (4/12/2016) malam kemarin. Malam itu, Andry menerima chatting dari temannya melalui FB. Dalam chatt itu, teman Andry meminta ditransfer uang sebesar 7 juta. Karena akun FB itu adalah temannya, Andry sedikitpun tidak curiga.

“Dalam chattingan, saya malah tanya mau di transfer lewat bank apa. Teman saya menjawab ditransfer lewat BCA saja. Darisana, saya beri nomor rekening,” ujar Andry Adam, Senin (05/12/2016). Meski nomor rekening yang diberikan bukan atas nama asli temannya, Andry tetap tidak menaruh curiga.

Masih kata Andry, setelah dirinya mentransfer, Senin (05/12/2016) pagi, dirinya berisiatif menelepon temannya untuk bertanya apakah uang yang ditrasfernya sudah masuk atau belum. Namun, teman Andry itu malah balik bertanya. “Lho, uang apa itu bro? lha FB ku nggak bisa dibuka kok,” kata Andry menirukan temannya.

Dari jawaban temannya itu, Andry baru menyadari bahwa dirinya telah menjadi korban penipuan. Andry menyimpulkan bahwa FB temannya tersebut telah diretas oleh hacker. Andry langsung melaporkan ke Mapolsek Tenggilis. “Untung jumlah yang diminta relatif sedikit mas,” tambahnya.

Terpisah, Kapolsek Tenggilis Mejoyo Kompol Eko Sudjarwo membenarkan jika pihaknya sudah menerima laporan dari korban. “Karena ini berkaitan dengan tindak pidana transaksi elektronik (ITE), kami akan berupaya melacak keberadaan pelaku dengan menggunakan tenaga ahli IT,” tegasnya.

Dengan melibatkan ahli IT, lanjut Kompol Eko. Pihaknya berharap dapat mengungkap siapa orang yang telah membajak FB teman korban dan memanfaatkan akunnya untuk meminta sejumlah uang kepada korban. “Kami berharap masyarakat tidak mudah terperdaya dengan aktifitas media sosial. Apalagi berkaitan dengan transaksi keuangan,” harapnya. (Bkr).

About redaksi

Check Also

Henry J Gunawan

Dugaan Penipuan Rp 14M, Henry Gunawan Segera disidang

Jatimmandiri, Surabaya – Kasus dugaan penipuan dan penggelapan Rp 14,5 Miliar dengan tersangka bos PT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *