Bupati Fadeli saat memberikan semangat dan motivasi kepada anak-anak yang akan dikhitan dalam sunatan massal di Lamongan. FOTO:JM/MUHAJIRIN KASRUN

Peringati Maulid Nabi, Sholawatan Hingga Sunatan Massal

JatimMandiri, Lamongan – Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Lamongan dilaksanakan begitu meriah, dari kota hingga ke plosok Desa. Mulai dari Wiridan, Istiqotsahan, Tumpengan, Pengajian, baca Sholawatan hingga menggelar sunatan massal, yang dilaksanakan sebagai bentuk kecintaanya terhadap nabi yang dilahirkan pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Peringatan kelahiran Nabi Muhammad ini, seperti yang dipantau Surabaya Pagi di Lamongan, diperingati mulai malam 12 Rabiul Awal Minggu (11/12) malam, tetdapat di Musolah, Surau, Masjid, lembaga pendidikan keagamaan, Pondok Pesantren, hingga Majelis yasin dan tahlil.

Mereka menggelar berbagai kegiatan keagamaan, seperti yang ada di Masjid Miftahul Jannah Perum Graha Indah Lamongan. Di perumahan dengan penghuni hidrogen ini tetap menggelar pengajian, sebagai bentuk penghormatan kepatuhan untuk selalu menjunjung tinggi dan memuliakan ajaran islam yang disebarkan oleh Nabi Muhammad SWA.”Iya Malam Senin ada pengajian di Masjid, banyak juga yang hadir,”kata Ani Susilowati salah satu warga Graha Indah, Senin (12/12).

Sementara itu, pada Senin (12/12) juga dilangsungkan majelis dzikir istiqotsah oleh ribuan jamaan di komplek Pasar Ikan Kaliotik Lamongan. Acara yang juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf ini juga, berlangsung cukup khidmat. Ribuan jamaah yang datang dari berbagai wilayah Kecamatan di Lamongan, tampak begitu tenang, khusu’ khidmat dalam mengikuti setiap dzikir dan sholawatan yang dikumandangankannya.

Sedangkan di Mushola Al Masturiyah Kelurahan Sidokumpul Lamongan, berlangsung sunatan massal yang diikuti oleh 110 anak yang datang dari berbagai desa/kel di Kecamatan Lamongan.

Acara yang dihadiri oleh bupati Lamongan, H Fadeli ini juga tergolong sangat meriah. Sebelum dilaksanakan, para peserta diarak mengelilingi kampung di Kelurahan Sidokumpul dengan naik kereta kelinci.

Kegiatan sunat massal ini seperti yang disampaikan oleh KH Aziz Khoiri ketua MUI dan tokoh masyarakat setempat menyebutkan, kalau sunatan massal ini sudah diselenggarakan yang ke 56.”Kegiatan sunatan massal ini rutin dan tidak boleh berhenti, berapa pun yang mengikuti sunatan massal harus dilaksanakan,”ujarnya.

Bupati Fadeli yang hadir pada acara khitan massal tersebut mengatakan, semoga anak-anak yang dikhitan menjadi generasi yang mampu melanjutkan pembangunan, mensejahterakan masyarakat. “Anak-anak Lamongan harus diperhatikan pendidikan dan kesehatannya, agar mampu meraih cita-cita,”harapnya.jir

About redaksi

Check Also

Unair Tidak Bisa Cegah Dukungan Alumni di Pilgub Jatim

Post Views: 40 JatimMandiri, Surabaya – Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair (PIH) Unair Suko …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.