Home / OTODA / PEMKOT / Pembahasan Reperda RT/RW Kembali Ditunda
FOTO :JM/BAKRIE
FOTO :JM/BAKRIE

Pembahasan Reperda RT/RW Kembali Ditunda

JatimMandiri, Surabaya – Pembahasan Raperda Organisasi RT/RW yang seharusnya digelar Komisi A DPRD kota Surabaya Rabu 11/1kemarin terpaksa kembali ditunda . Tertundan pembahasan Raperda tersebut karena belum adanya keterangan dari Pakar.

Maka dari Pansus meminta agar pemkot memasukkan masukan dari pakar yang telah diundang untuk dimasukkan dalam usulan klausul di raperda yang membahas strukturisasi dan tugas RT/RW tersebut.

“Kami tunda, ada banyak masukan pakar hukum yang telah disepakati sebagai usulan klausul Raperda belum dimasukkan oleh Pemkot dalam draft,” ungkap Ketua Pansus Organisasi RT/RW, Hj.Siti Mariyam.

Anggota Komisi A ini menegaskan, masukan pakar hukum ini penting mengingat ada sejumlah pasal krusial yang harus disepakati demi optimalnya peran RT dan RW sebagai organisasi masyarakat yang berhubungan langsung dengan pemerintah daerah. Beberapa masukan yang krusial, mengenai syarat-syarat pengurus RT/RW yang harus dipatuhi dan mekanisme agar ketentuan-ketentuan dalam pemilihan pengurus RT/RW dilaksanakan masyarakat .

“Memang salah satu klausulnya adalah mengenai syarat kepartaian bagi kandidat. Namun yang paling penting adalahbagaimana mekanisme agar berbagai ketentuan dalam Perda ini nantinya bisa dipatuhi hingga tidak menimbulkan gejolak,” ungakap Politisi PDI Perjuangan ini.

Menurut Mariyam, saat ini harus diakui banyak sekali masalah dan dilema atas pemilihan RT/RW yang tersendat dan diikuti gugatan dari masyarakat. Masalah yang banyak terjadi, lanjut Mariyam adalah persoalan syarat kandidat ketua RT/RW tidak boleh sudah dua kali periode kecuali bila tidak ada calon lain. Selain itu yang banyak muncul adalah masalah syarat pendidikan terakhir serta masalah keanggotaan partai.

“Makanya pembahasan kami tunda hari jumat 13/1. Kita inginnya Perda ini mampu menjawab berbagai persoalan terkait RT/RW di masyarakat tanpa harus saling berhadapan satu sama lain,” tegasnya. Alq

About redaksi

Check Also

Personil Bhabinkamtibmas Satbinmas Polrestabes Surabaya (berpakaian batik) saat melakukan pengawasan UNBK di Sejumlah SMA/MA di Surabaya

Awasi UNBK SMA, Polrestabes Surabaya Terjunkan Personil Berpakaian Batik

JatimMandiri, Surabaya – Satbinmas Polrestabes Surabaya menerjunkan 131 personil Bhabinkamtibmas, Senin (10/04/2017). Personil ini turut …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *