Home / LAIN-LAIN / Rencana PDAM Bangun Dua Reservior Besar
Ilustrasi
Ilustrasi

Rencana PDAM Bangun Dua Reservior Besar

JatimMandiri, Surabaya – PDAM Surya Sembada mengakui, beberapa kawasan di Surabaya masih terkendala aliran air yang kecil karena lokasinya yang jauh dari reservoir (waduk).

Ari Bimo Sakti Manager Sekretariat dan Humas PDAM Surya Sembada mengatakan, problem ini menjadi satu dari beberapa fokus utama perusahaan daerah itu pada 2017 ini.

Bimo mengatakan, masalah aliran air yang kecil karena kurangnya tekanan air di pipa. Penyebabnya karena lokasi yang jauh dari sumber air.

“Ini memang menjadi tantangan kami. Kehandalan layanan atau kontinuitas layanan juga menjadi fokus utama kami pada 2017. Sudah ada beberapa kluster reservoir, yang berukuran lebih kecil untuk menjangkau lokasi yang jauh,” ujarnya.

Beberapa kluster reservoir yang telah beroperasi di lokasi-lokasi yang cukup jauh, antara lain di Dukuh Gendong, Kecamatan Benowo, di kawasan Made Barat dan Made Utara, di sekitaran Wonosari, dan Sumberrejo.

Selain itu, pada 2017 ini, PDAM juga merencanakan pembangunan dua reservoir besar. Waduk berukuran besar ini rencananya dilengkapi booster pump (pompa air dorong) berkapasitas besar agar warga Surabaya dapat lebih lama menikmati layanan air bersih.

“Salah satu yang sedang kami bangun di Osowilangun, tapi kami berupaya menambah jumlahnya. Di situ juga ada booster pump-nya, jadi meskipun wilayahnya jauh warga tetap bisa mendapat layanan air lebih lama. Sekarang mungkin belum bisa 24 jam,” ujarnya.

Bimo mengatakan, PDAM Surya Sembada menargetkan pada 2020 nanti setidaknya telah terbangun 18 reservoir besar di Surabaya agar pelayanan PDAM semakin handal.

“Tahun ini juga kami akan meningkatkan kapasitas produksi di IPAM Karangpilang 500 liter per detik menjadi 1500 liter per detik. Ini yang menjadi fokus kami,” ujarnya.

Kontinuitas layanan dan peningkatan kapasitas produksi itu adalah dua dari tiga fokus utama yang hendak dicapai oleh PDAM Surya Sembada. Sebagaimana diberitakan sebelumnya, fokus pertama PDAM adalah upaya meningkatkan jangkauan pelayanan.

PDAM Surya Sembada berupaya agar seluruh penduduk di Surabaya sudah teraliri air bersih pada 2018. Saat ini, jangkauan layanan PDAM diklaim telah mencapai 95,6 persen dari total jumlah penduduk di Surabaya. alq

About redaksi

Check Also

Pakde Karwo saat menyampaikan usulannya soal pengembangan pariwisata Jatim di depan DPRD Jatim, Jumat (2/6).

Ada 30 Destinasi Wisata Jatim Berkelas Dunia

JatimMandiri, Surabaya – Provinsi Jawa Timur memiliki berbagai macam tempat pariwisata, yang tersebar di 38 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *