Home / LAIN-LAIN / Kiat Kasatlantas Polrestabes Surabaya Cegah Penyalahgunaan Senpi
Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Adewira Siregar memeriksa senpi anggota di depan KBS. (foto: JM/Bakrie)
Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Adewira Siregar memeriksa senpi anggota di depan KBS. (foto: JM/Bakrie)

Kiat Kasatlantas Polrestabes Surabaya Cegah Penyalahgunaan Senpi

JatimMandiri, Surabaya – Berkaca dari penembakan mobil satu keluarga di Lubuklinggau, Sumatera Utara oleh Kepolisian. Polrestabes Surabaya terus melakukan pengawasan terhadap senjata api yang dibawa oleh anggota polisi.

Khususnya anggota polisi lalu lintas. Menghadapi masyarakat di jalan raya bukan hal mudah. Selain harus sabar, mereka juga harus bisa mengendalikan emosi. Tentu harus lebih ekstra sabar dalam menahan emosi saat berhadapan dengan masyarakat yang melanggar semua peraturan lalu lintas.

Berawal dari itu, Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Adewira Siregar menerapkan pengecekkan berkala terhadap senpi senpi yang dipakai anggotanya. Rabu (26/04/2017) pagi, di depan KBS, pihaknya mengumpulkan semua anggotanya. Selain memberikan pemaparan tentang tugas pokok polisi lalu lintas, Adewira juga melakukan pemeriksaan senpi anggota.

“Pengecekan senpi anggota rutin kami lakukan sebulan sekali. Selain untuk menjaga kebersihan senpi tersebut. Yang lebih kami fokuskan adalah, agar senpi yang digunakan anggota, tidak malfungsi (tidak pada fungsinya),” tutur AKBP Adewira.

Sebab jika pengecekan tidak dilakukan secara rutin, lanjutnya. Pihaknya, bahkan anggota yang memegangnya, mungkin tidak akan tahu kendala yang mungkin terjadi pada senpi tersebut. Terlebih terkait malfungsi. Adewira menegaskan, jika tidak rutin diingatkan, senpi akan menjadi berbahaya bagi anggota maupun masyarakat umum.

Sekedar diketahui, anggota Satlantas Polrestabes Surabaya sendiri, total berjumlah 398 personil. Namun, yang memegang senpi, hanya 18 personil. “Karena persyaratan untuk memegang senpi bagi anggota, sangat sulit. Anggota harus melalui beberapa tahapan tes,” pungkas AKBP Adewira.

About redaksi

Check Also

Bupati Trenggalek Dr Emil Elestianto Dardak, M.Sc, dua hari berturut-turut meninjau beberapa titik banjir.

Dua Hari Berturut-turut Emil Dardak Tinjau Bencana Banjir

JATIMMANDIRI, Trenggalek – Hujan lebat kembali akibatkan bencana banjir di beberapa titik di Trenggalek, Senin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *