Home / KORUPCANG / Basuki dan Dua Kepala Dinas Jatim Terbang Bersama KPK
img_8976.jpg

Basuki dan Dua Kepala Dinas Jatim Terbang Bersama KPK

: KPK membawa Moch Basuki (celana pendek) dan 5 orang lainnya ke Jakarta melalui Terminal II Bandara Juanda Surabaya. (FOTO/Istimewa)

JatimMandiri, Surabaya – Setelah melakukan penyegelan di ruang Ketua Komisi B DPRD Jatim kemarin (5/6/2017), KPK akhirnya membawa 6 orang yang diduga terlibat dalam OTT tersebut dari Surabaya ke Jakarta. Selasa (06/06/2017) sekitar pukul 09.00 Wib, penyidik KPK beserta sejumlah anggota Brimob terlihat di Terminal II Bandara Juanda Surabaya.

Informasi yang diperoleh Jatimmandiri.com di lapangan menyebut, enam orang tersebut antara lain Moch Basuki (Ketua Komisi B DPRD Jatim) ; Bambang Heryanto (Kepala Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur) ; Rohayati (Kepala Dinas Peternakan Propinsi Jawa Timur) ; Rahman Agung (staf DPRD Jatim) ; Santoso (staf DPRD Jatim) dan Anang Basuki Rahmat (Sespri Kadistan Jatim).

Dari informasi yang masuk, Saat hendak terbang ke Jakarta, keenam orang tersebut dikawal oleh 3 penyidik KPK dan 3 personil Brimob bersenjata lengkap. Mereka ke Jakarta menggunakan penerbangan GA 311 SUB-CGK. 6 orang itu, berjalan satu persatu dengan diapit penyidik KPK dan Brimob dari depan dan belakang. 
Dari pantauan, Moch Basuki berjalan paling belakang. Basuki nampak santai dan hanya menggunakan celana pendek. Sementara Rohayati berjalan paling depan. Kepada Dinas Peternakan itu nampak berjilbab dan terlihat tegang. Sementara Bambang, Agung, Anang dan Santoso berada di tengah. 
Keenam orang itu diamankan Lembaga Anti Rasuah Indonesia setelah dua orang, salah satunya diduga Moch Basuki terkena OTT. Penangkapan itu dilakukan KPK atas dugaan kasus suap oleh oknum dinas kepada sang Ketua Komisi B DPRD Jatim tersebut. Setelah dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan, kasus ini kemudian menyeret total 6 orang.
Kendati KPK belum mengumumkan secara resmi status ke enam orang yang digelandang ke Jakarta. Namun OTT KPK di Surabaya tersebut menyita perhatian para petinggi DPRD Jatim dan pemerintahan di Jawa Timur. 

Rencananya secara resmi, KPK sore ini akan mengumumkan hasil tangkapannya di depan media. “Kami akan konferensi pers nanti sore ini di KPK, pihak yang diamankan sudah dibawa ke Jakarta sejak tadi pagi,” jelas Febri Diansyah, Humas KPK RI kepada Jatimmandiri tadi pagi. Bkr/Rko/ifw

About redaksi

Check Also

Henry J Gunawan

Dugaan Penipuan Rp 14M, Henry Gunawan Segera disidang

Jatimmandiri, Surabaya – Kasus dugaan penipuan dan penggelapan Rp 14,5 Miliar dengan tersangka bos PT …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *