Home / KRIMNAR / KRIMINAL / Pemutihan SIM Karena Libur Panjang Ternyata Hoax
Info hoax soal pemutihan SIM
Info hoax soal pemutihan SIM

Pemutihan SIM Karena Libur Panjang Ternyata Hoax

JATIMMANDIRI, SURABAYA – Satlantas Polrestabes Surabaya meminta masyarakat tidak percaya dengan informasi adanya pemutihan SIM lantaran ada libur panjang Natal dan Tahun Baru 2018.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Pandia, mengatakan bahwa informasi yang beredar ramai melalui media sosial (medsos) pada Kamis (28/12/2017) ini sama sekali tak benar alias hoax.

“Informasi itu (pemutihan SIM) di medsos tidak benar. Tidak ada pemutihan SIM dalam layanan yang dilakukan Polri,” sebut Pandia, Kamis (28/12/2017).

Menurut Pandia, pada Desember 2017 ini memang ada libur panjang lantaran ada Hari Raya Natal 2017 dan tahun Baru 2018. Adanya libur panjang tersebut, pelayanan SIM libur pada tanggal 24, 25 dan 26 Desember 2017 dan 1 Januari 2018.

Bagi pemilik SIM yang masa berlakunya habis pada 24 Desember 2017 sampai 1 Januari 2017, dapat diperpanjang sampai dengan tanggal 6 Januari 2018.

Untuk pemohon, lanjut Pandia, tetap masih harus membawa berkas perpanjangan SIM yang berlaku. Seperti mengisi formulir, membawa surat keterangan sehat dari dokter. Selanjutnya pemohon baru ke loket untuk mendaftar perpanjangan SIM.

“Bukan pemutihan, karena tetap dengan mekanisme perpanjangan SIM yang berlaku saat ini,” terang Pandia.

Kanit Regident Satlantas Polretabes Surabaya, AKP Sigit Indra menambahkan, layanan SIM yang dilakukan Polri tidak ada kebijakan pemutihan. Informasi yang beredar ramai di medsos itu sama sekali tak benar.

“SIM yang masa berlakunya pada rentang waktu 24 Desember 2017 sampai 1 Januari 2018, dapat diperpanjang sampai tanggal 6 Januari 2019 dengan mekanisme perpanjangan,” sambung Sigit.

Satlantas Polrestabes Surabaya, kata Sigit, siap memberi layanan terbaik bagi pemohon SIM nanti setelah libur panjang usai Tahun Baru 2018. Semua layanan SIM bakal dibuka dan memberi layanan secara maksimal kepada masyarakat di Surabaya.

“Kami akan memberi layanan terbaik kepada masyarakat, biasanya setelah libur panjang memang banyak pemohon perpanjangan. Seperti libur panjang Lebaran kemarin,” ucap Sigit. (sya)

About redaksi

Check Also

Tronton ringsek sudah mulai di evakuasi dari lokasi kecelakaan di Karangploso, Malang Jawa Timur, Sabtu 26/8/2017.

Kecelakaan Tronton di Malang, Tabrak 8 Motor 4 Orang Tewas

JatimMandiri, Malang – Polisi menindaklanjuti kecelakaan yang melibatkan truck tronton dengan sejumlah kendaraan yang menewaskan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *