Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

Gus Ipul: Tak Ada Mahar Politik di Pilkada Jatim

JATIMMANDIRI, Surabaya – Bakal Calon Gubernur (Bacagub) Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) memastikan jika dirinya sama sekali tak memberikan mahar politik kepada empat partai pengusungnya.

Gus Ipul menyebut empat partai pengusungnya yang terdiri dari PKB, PDI Perjuangan, PKS dan Partai Gerindra memberikan dukungan kepadanya tanpa syarat.

“Sampai sekarang tidak ada permintaan mahar dari partai politik kepada saya. Semua berjalan tanpa syarat. Termasuk dengan PKS dan Partai Gerindra,” ujar Gus Ipul.

“Saya beritahu masing-masing partai bagaimana keadaannya sebenarnya. Kemudian, seperti apa kemampuan dan kekuatan saya. Kalau mau gabung, dengan senang hati kami menerima,” lanjutnya.

Keputusan masing-masing parpol untuk mengusungnya lebih didasarkan atas persamaan arah membangun daerah.

Apalagi menurutnya, chemistry antara pihaknya dengan partai pengusungnya dibangun dalam waktu lama.

Hanya Partai Gerindra saja yang mendadak.

“Dengan PKB dan PDIP sudah lama pembicaraannya. Termasuk dengan PKS juga sudah lama, hanya keputusannya di akhir-akhir. Hanya Partai Gerindra yang sangat mendadak dan berlangsung sangat cepat, mereka ikut mendaftar,” ungkapnya.

Terkait kabar adanya salah satu bacagub yang diduga dimintai mahar politik oleh salah satu partai politik, pria yang kini masih menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim ini mengaku tidak punya hak untuk berkomentar mengenai calon lain.

“Saya tidak bisa berkomentar soal calon lain. Tapi yang pasti, saya tidak pernah diminta mahar agar partai politik itu mau mendukung saya,” terang ketua Umum GP Ansor ini singkat.

Mengenai biaya pemenangan, lanjutnya, akan dibahas bersama-sama dengan kandidat.

Jika ada kader partai yang mendukung mengenai pendanaan, Gus Ipul mengaku sangat berterima kasih.

Sebab proses pemenangan diserahkan kepada kandidat.

Untuk itu, jika ada kader atau masyarakat yang ingin membantu tanpa syarat, dirinya sangat berterima kasih.

“Pada saatnya nanti kami akan membuat rekening. Siapapun boleh membantu. Untuk saat ini, memang aturannya diperbolehkan membuka rekening,” kata Gus Ipul.

“Pada pilgub sebelumnya, saat berpasangan dengan Pakde Karwo (Soekarwo, Gubernur Jatim saat ini), kami juga urunan dan ada bantuan dari masyarakat,” tutur Wakil Gubernur Jatim dua periode ini.

Mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal ini mengatakan, selama ini banyak relawan yang membantu dirinya untuk bertarung di Pilgub Jatim.

Gus Ipul menyebut para relawannya belum pernah menerima bantuan dalam bentuk apapun dari dirinya.

“Banyak sekali relawan-relawan di grup media sosial yang membantu. Saya belum pernah memberikan bantuan kepada mereka,” ungkapnya.

“Mungkin nanti kalau kita sudah cetak kalender, stiker dan lain sebagainya akan kita berikan. Tapi sampai sekarang mereka belum mendapat bantuan apa-apa dari saya. Murni keinginan relawan membantu saya,” pungkasnya. int.

About redaksi

Check Also

Emil Dardak Sungkem Ibu Sebelum Nyoblos

Post Views: 25 JatimMandiri, Trenggalek – Pilkada Jatim, Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut satu, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.