Seminar tentang MEA yang digelar PMII di kampus UINSA, Rabu (31/1/2018)

Pemerintah Perlu Lebih Tegas Lagi Menindak TKA Ilegal

Jatim Mandiri, Surabaya – PMII UINSA mengambil momen pasar bebas ASEAN ini dengan menggelar seminar MEA. Seminar ini bertujuan untuk membuka wawasan mahasiswa dan masyarakat umum. Mulai dari peluang bisnis hingga mencari solusi dengan serbuan Tenaga Kerja Asing secara ilegal.

Seminar bertajuk Pengaruh Implementasi MEA Terhadap Perburuhan di Jawa Timur ini digelar pagi hari ini di Gedung Rektorat lama UINSA Surabaya.

Dr. Soetanto Soepiadhy, SH. MH, Dosen Uneversitas Tujuh belas Agustus surabaya menjadi pembicara utama yang memaparkan tentang kondisi lapangan yang terjadi di Jawa Timur.

Ia mengatakan Jawa Timur adalah daerah ring satu dalam dunia industri di Indonesia, hal ini bisa dilihat dengan banyaknya jumlah industri di lima kota utama, yakni Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan Pasuruan.

“Karena inilah lima kota ini disebut ring satu dalam dunia industri. Maka dari itu UMKnya tinggi karena kebutuhan hidupnya tinggi,” papar dia.

Lebih lanjut, dengan dibukanya pasar bebas hal yang paling penting dijaga untuk menopang menarik perekonomian adalah peningkatan skill tenaga kerja yang kemudian diharapkan bisa memunculkan kreatif dan inovatif.

“Ciptakan sesuatu (karya) yang ini loh. Yang kreatif,” ujarnya

Hal senada Wahid Abdullah yang juga sebagai narasumber, negara Indonesia saat ini banyak sekali membebaskan visa untuk negara asing, yang tentu ini akan menambah persaingan untuk warga lokal.

“kalau dilihat di Bali saja banyak sekali itu bule-bule ngamen dan lain sebagainya,” ucap dia

Dalam statemennya ia mengkritik pemerintah kita yang kurang tegas menindak warga negara asing ilegal yang implikasinya membuat warga lokal mendapat banyak persaingan.

“Bebas visa itu hanya dalam 30 hari, tapi banyak yang visanya habis justeru tidak balik pulang, nah ini yang harus segera ditindak,” ungkap wahid. yaq

About redaksi

Check Also

Unair Tidak Bisa Cegah Dukungan Alumni di Pilgub Jatim

Post Views: 41 JatimMandiri, Surabaya – Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair (PIH) Unair Suko …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.