Breaking News

Hujan Deras, Desa di Dawarblandong Tergenang Air Setinggi 80 cm

Jatimmandiri, Mojokerto – Hujan deras yang terjadi di wilayah Dawarblandong bagian barat pada Kamis (22/2/2018) malam mengakibatkan Dusun Balong, Desa Banyulegi, Kecamatan Dawarblandong, Kabupaten Mojokerto tergenang luapan Sungai Lamong pada Jumat (23/2/2018). Hingga pukul 13.00 WIB ketinggian air sudah mencapai 80cm di pos pantau bagian utara.

Kepala Dusun Balong, Jari (55) menjelaskan bahwa genanangan atau banjir yang terjadi di wilayahnya tersebut merupakan banjir musiman yang terjadi setiap tahun. “Jadi banjir yang terjadi di wilayah kami ini merupakan banjir musiman. Dikatakan musiman karena apabila hujan deras di wilayah barat, Jombang, dan sekitarnya, maka di sini kemungkinan besar akan terjadi banjir,” kata Jari.
Sementara itu, sejauh ini sudah sebanyak 12 rumah terdampak banjir, sehingga warga tidak menjalani aktifitas seperti biasanya. Namun imbauan sudah dilakukan Kepala Dusun kepada warganya untuk mengantisipasi apabila banjir tersebut semakin tinggi. “Sudah saya imbau pada masyarakat untuk tetap siaga,” tambahnya.
Jari juga berharap agar pemerintah terkait bisa melakukan tindakan nyata agar banjir ini tidak terus terjadi setiap musimnya. “Ya harus dilakukan normalisasi. Pemerintah harus segera melakukan pelebaran sungai agar bisa menampung debit air,” tandasnya.
Sementara itu, sejumlah instansi terkait juga sudah siaga mengantisipasi banjir, baik dari dinas sosial, BNPB, Polisi, dan Koramil setempat. Termasuk sudah menyiapkan perahu karet untuk evakuasi warga. (joe)

About redaksi

Check Also

BANJIR BANDANG TERJANG BANYUWANGI, 325 RUMAH RUSAK

Post Views: 26 JatimMandiri, Banyuwangi – Hujan deras turun di lereng Gunung Raung di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.