Deklarasi pilgub Jatim anti SARA dari partai pendukung dua pasangan calon gubernur Jatim.

Initiative Institute Galang Deklarasi Pilgub Jatim Anti SARA

JatimMandiri, Surabaya – The Initiative Institute menggelar Forum Group Discussion (FGD) tentang gelaran Pilgub Jatim 2018. Berbagai elemen didatangkan dalam FGD ini.

Turut hadir dalam FGD, dari KPU Jatim Arbayanto, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol. Frans Burung Mangera, S.IK, perwakilan Bawaslu Jatim, Kejati Jatim, Akademisi Ahmad Inung, dan juga pimpinan parpol se-Jatim.

Airlangga Pribadi, CEO The initiative Institute membeberkan alasan mengapa menggelar FGD bertemakan “Merawat Kebhinekaan: Potensi Politik Identitas dan Isu Sara dalam Pilkada Jatim” tersebut adalah untuk mempertemukan persepsi dari para elite parpol wilayah dan juga lembaga negara terkait untuk mendiskusikan idealnya Pilgub Jatim.

Tak hanya itu, lanjut dia kami juga mengundang perwakilan mahasiswa yang secara fungsi adalah sebagai kontrol sosial. Pilgub Jatim harus berbeda dengan daerah lain menurut dia.

“(FGD) ini sebenarnya untuk kepentingan masyarakat secara umum, untuk tidak mudah menggunakan isu Sara untuk menjatuhkan, memfitnah lawan politik,” beber Dosen FISIP Unair tersebut dalam sambutan pembukaan acara yang digelar di Hotel Sahid, Surabaya, Kamis 22/2/2018.

Arbayanto, mengungkapkan dalam momen politik saat ini isu-isu sensitif selalu digunakan untuk memukul habis lawan, meskipun hal tersebut sudah ada aturan larangannya.

“Demokrasi adalah pemaparan proses perebutan kekuasaan politik. Penghinaan itu tidak diperbolehkan,” jelasnya dalam pemaparan materi.

Dari sudut pandang lain disampaikan Ahmad Inung, ia berasumsi isu sara yang bertebaran dalam gelaran Pilgub serentak ini terjadi karena dimulai sejak Pilgub DKI Jakarta.

“Kekhawatiran (munculnya) isu sara itu terjadi setelah Pilgub DKI,” ungkap Kaprodi Studi Agama-agama UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut.

Disesi terakhir FGD, Airlangga mengajak seluruh peserta untuk membacakan deklarasi Pilkada Damai untuk Merawat Kebhinekaan dilanjut penandatangan Pakta Integritas. yaq

About redaksi

Check Also

Caleg Demokrat Wajib Kawal Nawa Bhakti Khofifah-Emil

Post Views: 13   JatimMandiri, SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.