Breaking News
Diskusi AJI tentang independesi wartawan saat Pilkada di Warung Mbah Cokro, Selasa (20/2/2018).

Jurnalis Harus Bisa Pegang Kode Etik saat Pilkada

JatimMandiri, Surabaya – AJI (Aliansi Jurnalis Independen) Surabaya menggelar diskusi santai terkait independensi wartawan dalam pusaran politik. Hal ini menarik karena menjadi semacam otokritik untuk jurnalis.

Acara dengan tema “Independensi Wartawan dan Pusaran Politik Pilkada” ini mencoba untuk mengkritik dan mencari solusi agar profesi jurnalis tetap bisa profesional.

Miftah Farid, Ketua AJI Surabaya mengatakan dalam momen politik seperti tahun ini, profesionalisme kawan-kawan pers rawan tergadaikan. Ia juga berujar bahwa hal itu menjadi wajar karena tidak ada yang berani untuk mengatakan tidak.

“Seyogyanya jurnalis bisa memegang kode etiknya, kalau mau berpolitik ya mending keluar dari jurnalis. Jangan melacur,” ujarnya ketika menjadi narasumber, di Padepokan Mbah Cokro Jalan Prapen Surabaya, Selasa 20/2/2018.

Hal senada juga disampaikan Prof. Rachmah Ida, Ph. D yang juga menjadi narasumber. Dirinya membeberkan permasalahan dewasa ini ialah ketika pemilik media juga merangkap menjadi Ketua Partai politik sehingga akibatnya konten dalam media bermuatan partai tertentu.

Kemudian dari itu lanjut dia, menimbulkan jurnalis tidak bisa menyampaikan fakta yang ada. “Media yang seperti itu yang membuat jurnalis dilema, kalau ia tetap konsisten pegang kode etik ia bisa kena pecat begitupun sebaliknya,” beber Profesor Media pertama di Indonesia itu.

Farid menambahkan bahwa momen politik inilah idealisme wartawan diuji sejauh mana ia bisa bertahan. “AJI disini konsisten, dan kalau ada anggota (AJI) yang melacur lebih baik keluar atau dikeluarkan (dari AJI),” tandasnya. yaq

About redaksi

Check Also

Caleg Demokrat Wajib Kawal Nawa Bhakti Khofifah-Emil

Post Views: 13   JatimMandiri, SURABAYA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Jawa Timur …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.