Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar. Foto : Riko/SP

Ketua DPRD Jatim : Rp 1 Triliun Realistis Untuk Madura

JatimMandiri, Surabaya : Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur Abd Halim Iskandar menilai visi-misi dan program kerja pasangan calon gubernur dan wakil gubenur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno adalah yang paling logis dan bisa diterapkan. Visi misi didesain tidak asal bunyi, melainkan dengan perhitungan matang termasuk menyesuaikan kekuatan APBD Jawa Timur.

“Visi dan misi Gus Ipul-Mbak Puti ini tidak asal bunyi, ada kalkulasi kekuatan APBD. Ada hitungannya yang rigit,” kata Gus Halim, sapaan akrab Halim Iskandar, Senin 12 Februari 2018.

Gus Halim menilai, dalam penyusunan visi dan misi Gus Ipul-Puti, juga terdapat paradigma berpikir yang sangat bagus yaitu, mempertahankan keberhasilan yang sudah diperoleh dan mencari terobosan baru untuk perbaikan yang lebih maksimal.

“Dalam kaidah fiqiyahnya disebut ‘Al-Muhafadotu Alal Qodimis Sholik Wal Akhdu Bil Jadidil Ashlah’. Ini sebuah paradigma yang kemudian diangkat menjadi visi, ini paradigma luar biasa menghargai seluruh prestasi dan mengembangkan seluruh potensi yang belum tersentuh,” katanya.

Sehingga, lanjut dia, paradigma itu diaplikasikan melalui penyusunan visi, misi, program kerja dan 33 janji kerja yang telah melalui kajian dan pertimbangan yang sangat matang. Dia menegaskan, program yang diusung cicit KH Bisri Syansuri dan cucu Bung Karno itu sudah bisa langsung diaplikasikan.

“Kami tidak ingin (visi, misi, program dan janji kerja) itu hanya asbun (asal bunyi), semuanya harus dikalkulasi,” kata kakak kandung Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Menurut Ketua PKB Jawa Timur ini, untuk program ‘Satria Madura’ yang diusung Gus Ipul-Puti dialokasikan Rp 1 triliun untuk percepatan pembangunan di Madura itu sudah realistis dan hasil kalkulasi dari kekuatan APBD Jatim 2018 senilai Rp 30 triliun.

“Itung-itungannya saat ini memang segitu, tidak berarti kemudian (hitungan) tidak bisa berkembang. Itu yang saya sebut rasionalitas dan proporsionalitas, kalkulasi kekuatan APBD harus diperhitungkan,” ujarnya. rko

About redaksi

Check Also

BANJIR BANDANG TERJANG BANYUWANGI, 325 RUMAH RUSAK

Post Views: 26 JatimMandiri, Banyuwangi – Hujan deras turun di lereng Gunung Raung di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.