Breaking News
pedagang cabe rawit di Mojokerto. JM/Joe

Panen Raya, Harga Cabai Rawit di Pasar Mojokerto Malah Mahal

 Jatimmandiri, Mojokerto – Panen raya yang terjadi di wilayah Mojokerto untuk hasil pertanian cabai, tidak bisa dinikmati oleh masyarakat setempat. Pasalnya, sudah hampir dua puluh hari terakhir harga cabai rawit merah di pasaran justru mengalami kenaikan signifikan.
Bahkan hingga mencapai lebih dari 50 persen. Dari keterangan penjual, harga cabai rawit merah pada Rabu (21/02/2018) naik hingga Rp 50 ribu per kg. Padahal sebelumnya hanya sekira Rp 30 ribu per kg.
Irawan (24) Penjual cabai rawit di Pasar Tanjung Kota Mojokerto menjelaskan bahwa kenaikan harga cabai rawit merah tersebut karena banyak tanaman cabai di pihak petani yang mengalami gagal panen. “Di pihak petani banyak yang mati cabainya, sehingga para tengkulak berebut cabai rawit merah,” kata Irawan, Rabu (21/2/2018).
Penjual cabai asal Wringinanom, Gresik ini juga manambahkan bahwa banyak tengkulak yang menjual hasil panen petani ke daerah luar Mojokerto seperti Jawa Barat dan Bali. Hal ini juga menjadi pemicu naiknya harga cabai rawit merah di Mojokerto. “Banyak juga dikirim ke wilayah Jawa Barat dan Bali. Jadi saling berebut tengkulaknya,” jelas Irawan.
Kenaikan harga cabai rawit merah ini pun dikeluhkan oleh Sumiati (46) yang kesehariannya berjualan nasi penyet. Mengingat dagangannya bergantung dari cabai yang merupakan bahan dasar sambal. “Tentu saja mengeluh. Tapi bagaimana lagi. Mau gak mau harus tetap mengikuti harga pasar,” jelasnya.
Sementara itu terkait naiknya harga cabai rawit merah tersebut, para penjual menjelaskan bahwa hingga saat ini belum ada dinas terkait untuk mengatur kestabilan harga. Namun mereka, khususnya para pembeli berharap agar dinas terkait bisa turun ke lapangan untuk mengatasi masalah tersebut. joe

About redaksi

Check Also

PTPN X Kejar Produksi Tebu 200 ton Per Hektar

Post Views: 34 JatimMandiri, Surabaya – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X terus berupaya meningkatkan kinerjanya, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.