Breaking News

Sate Keong, Wisata Kuliner Unik Khas Mojokerto

Jatimmandiri, Mojokerto – Kota Mojokerto seperti tidak pernah kehabisan kuliner khas yang menjadi andalan wilayah setempat. Satu diantaranya adalah Sate Keong, kuliner yang berada di Jalan Raya Benteng Pancasila, Kota Mojokerto. Meski tidak seramai beberapa tahun lalu, dengan banyaknya penjual yang berjejer di sentra PKL Benteng Pancasila, namun kuliner ini tetap digemari masyarakat setempat. Bahkan ada juga yang datang dari luar kota, seperti Jombang, Sidoarjo, hingga Surabaya.

Suriyati (54) yang sudah menggeluti bisnis sate keong sejak 15 tahun silam mengungkapkan bahwa bisnis kulinernya bisa bertahan sampai sejauh ini karena mendapat kepercayaan dari masyarakat. “Dulu banyak yang ikutan jualan di sepanjang Jalan Raya Benteng. Tapi tidak bertahan lama,” jelas Suriyati, Sabtu (24/2/2018).

Penjual sate keong yang akrab disapa Bu Sur ini pun mengakui bahwa kondisi saat ini memang jauh berbeda dengan dua tahun silam. Dalam hal pendapatan, Bu Sur mengaku omsetnya turun drastis. Bila di tahun 2016 lalu bisa mencapai Rp 700 ribu per hari, kini hanya mendapat Rp 200 ribu per hari.

“Turun drastis. Mungkin karena ekonomi lesu. Tapi kalau gak jualan, ya sayang. Karena ini kan menjadi kuliner unik di Mojokerto. Kasian juga sama petani di sawah. Kalau gak ada yang ambil keongnya kan, nanti bisa makan padi,” tuturnya.

Bu Sur sendiri menjelaskan bahwa dirinya bisa mengambil keong dari sawah di sekitar Mojokerto, hingga mencapai dua kwintal per hari. Keong tersebut tidak hanya untuk diolah menjadi sate, tapi juga olahan lainnya seperti kare keong. Untuk satu porsinya hanya dibandrol Rp 5000. Tentunya harga yang murah bukan?

Apabila anda tertarik untuk mencicipi kuliner khas Mojokerto ini, datang saja langsung di Jalan Raya Benteng Pancasila, tepatnya di depan SMK Brawijaya Mojokerto. Warung Sate Keong Bu Sur buka setiap hari pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Namun untuk hari Sabtu, pastikan datang lebih awal. Sebab di hari ini, pembeli datang bisa dari luar kota, dan sangat ramai. • joe

About redaksi

Check Also

Unair Tidak Bisa Cegah Dukungan Alumni di Pilgub Jatim

Post Views: 42 JatimMandiri, Surabaya – Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair (PIH) Unair Suko …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.