Denny Camat Wonocolo, Kota Surabaya. Foto : Yaqin/JM

Siap Kerja Lembur! Camat Wonocolo ini Pake Program GPL

JatimMandiri, Surabaya – Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya berkomitmen untuk melaksanakan Reformasi Birokrasi dengan menyeluruh. Hal tersebut tampak dalam kinerja sehari-hari Camat Wonocolo, Dr. Denny Christupel Tupamahu, AP, SH, M.Msi, M.Mis, M.H, M.Psi yang selalu menjadi pelayan terdepan bagi masyarakat.

Pejabat yang akrab disapa Denny CH ini menjelaskan akan sekuat tenaga untuk melayani masyarakat sebaik-baiknya. Paling utamanya bagi yang ingin mengurus E-KTP dan KartuKeluarga. “Belum tentu masyarakat yang beralamat sesuai KTP itu tinggal di Wilayah Wonocolo, bisa jadi tinggalnya di wilayah lain bahkan kota lain, jadi kita harus siap melayani mereka yang datang dari jauh,” kata Deny, saat ditemui JatimMandiri, akhir pekan lalu (15/2/2018).

Hal inilah yang melatar belakangi Kecamatan Wonocolo khususnya bagian pelayanan umum membuka pelayanan lembur hingga pukul 19.00 WIB. Sistem yang dipakai adalah melemburkan beberapa petugas yang fungsinya di bagian pelayanan umum, yang sebelumnya dengan cara Shift namun sekarang dengan cara full agar lebih efektif dan efisien.

“Kita punya program percepatan perekaman data (e-KTP). Karena banyak yang belum perekaman. Belum selesai. Dari situ kita berikan (waktu) pelayanan yang ekstra,” ujar Denny.

Selain memberikan pelayanan di Kantor, Denny juga mencoba memberikan pelayanan dengan mengantar KTP yang sudah jadi ke Kantor Kelurahan sesuai alamat. Kemudian ada pelayanan surat kematian. “Kita antarkan KTP warga yang sudah tercetak ke alamat melalui Kelurahan, dan juga pelayanan kematian, jadi datangi kemudian kita uruskan sampai selesai. Sebagai bentuk empati kita,” tuturnya.

MEski begitu, pihaknya beberapa kali merasa jengkel dengan beberapa pegawai yang masih bersikap parlente dan menyepelekan masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Hanya saja dirinya optimis bisa merubah kebiasaan  itu dengan sabar dan memberikan arahan secara perlahan-lahan. Bisa dilihat setiap pagi diadakan apel untuk briefing.

“Saya sistemnya GPL (Gak Pakai Lama), berkas lengkap cepet selesainya. Lakukan percepatan (Birokrasi) Cepat, Tepat, Akurat,”  tegas Camat yang baru menjabat delapan bulan di Kecamatan Wonocolo itu.

Selain memberikan pelayanan birokrasi yang bagus, Denny juga berupaya mengubah wajah Kantor Kecamatan menjadi lebih baik lagi. Ia membeberkan meminta untuk diberikan sejumlah tanaman di sekitar Kantor agar lebih cantik, tak hanya itu setiap sudutnya kantor diberikan sound system untuk menghibur masyarakat yang bekunjung dengan musik.

“Itu tanaman baru mas, biar terlihat lebih adem. Ini juga ada sound system yang siap menghibur masyarakat dengan musik,” beber bapak berkepala empat itu sambil menujukkan pot-pot tanaman dan sound system.

Ia berharap tidak puas hanya disini saja tapi selalu berinovasi dan memberikan yang terbaik untuk masyarakat semampunya. yaq

About redaksi

Check Also

BANJIR BANDANG TERJANG BANYUWANGI, 325 RUMAH RUSAK

Post Views: 26 JatimMandiri, Banyuwangi – Hujan deras turun di lereng Gunung Raung di wilayah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.