Ini Rencana Puti Guntur Soal Menjamurnya Minimarket

Jatimmandiri, Mojokerto – Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno blusukan ke Pasar Canggu, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Agenda ini merupakan bagian dari kampanye politik jelang pemilihan Gubernur Jatim 2018 yang dilaksanakan Juni mendatang. Salah satunya melihat kondisi pasar tradisional yang semakin terdesak tumbuhhya minimarket.

Di Pasar Canggu, selain menyapa masyarakat, Puti juga berinteraksi langsung untuk membahas masalah ekonomi, sekaligus mendengar keluhan masyarakat. Termasuk kondisi Pasar Canggu yang sempit. “Keluhannya salah satunya adalah bagaimana kemudian pasar ini bisa direhab, direvitalisasi agar menjadi pasar yang sehat. Tidak sumpek, kecil karena didalam umpel-umpelan. Kemudian mereka juga tadi mengeluhkan bahwa di sini fasilitasnya seperti kamar mandi yang kurang baik. Kalau saya menyarankan, pasar tradisional tetap harus dipertahankan namun dengan manajemen yang modern,” ungkap Puti, Selasa (6/3/2018).

Sementara terkait kunjungannya ke pasar-pasar di Jawa Timur, wakil dari calon Gubernur Gus Ipul tersebut menjelaskan bahwa pasar merupakan pusat interaksi masyarakat. “Di pasar-pasar ini kan sebagai pusat interaksi. Terutama juga tempat pertemuannya kaum perempuan, para ibu-ibu. Di sinilah kemudian isu-isu persoalan yanag ada dalam masyarakat, dalam rumahtangga muncul. Jadi saya rasa pasar menjadi tempat yang baik untuk saya mendengar aspirasi masyarakat,” tambahnya.

Dalam hal ini, Puti Guntur Soekarno juga menjelaskan pentingnya dukungan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membuat regulasi yang memungkinkan pasar tradisional bisa berkembang tanpa harus tergerus oleh banyaknya Supermarket dan minimarket. Namun meski mendukung penuh berkembangnya pasar tradisional, Puti tetap mengharapkan sinkronisasi antara pasar tradisional dengan minimarket. “Jadi harus ada peraturan yang memang mall tidak boleh berdekatan dengan pasar tradisional. Tapi pasar tradisional tidak harus dibangun seperti mall, hanya saja harus dikelola dengan manajemen yang modern,” tandasnya. Joe

About redaksi

Check Also

Pajak UMKM Turun Setengah Persen, Ini Kata Hipmi Jatim

Post Views: 26 JatimMandiri, Surabaya – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur mengapresiasi kebijakan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.