Breaking News

KPU Pastikan Debat Pilgub III Paling Seru

JatimMandiri, SURABAYA – Puncak kampanye calon gubernur Jawa Timur akan ditutup dengan debat publik yang digelar KPU Jatim nanti malam (23/6/2018). Dua pasangan calon gubernur yakni Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti akan menunjukkan kepiawaian masing-masing dalam hal tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur berharap pada debat publik terakhir sebelum masa tenang itu, dua paslon dapat menujukkan kualitas terbaiknya. Hal ini perlu ditunjukkan masing-masing paslon agar bisa menjadi referensi masyarakat Jawa Timur yang sampai hari ini belum menentukan pilihan. “Debat Publik terakhir besok (kemarin, red), kami pastikan Seru. Ojok garing (monoton, red) tapi yang menarik dan enak ditonton,” kata Gogot Cahyo Baskoro, Komisioner KPU Jatim, usai menggelar rapat persiapan debat public bersama tim paslon,Jumat(22/6/2018).

Debat publik nanti, kata Goto, akan mewajibkan dua pasangan calon Gubernur menjawab pertanyaan berbahasa Jawa di salah satu segmennya. “Di segmen menjelang statemen penutup, para pasangan calon harus berbahasa Jawa Timur-an sebagai wujud kearifan lokal,” jelas Gogot

.

Menurut dia, debat ketiga atau debat terakhir kali ini disebutnya harus berbeda dari dua debat publik sebelumnya, terlebih debat dilakukan pada hari terakhir masa kampanye Pilkada Jatim 2018. Selain menggunakan bahasa Jawa Timur-an, di segmen lainnya juga ada debat terbuka antarcalon atau interaksi antarkandidat sehingga lebih hidup komunikasinya di atas panggung debat. Tak itu saja, selain menghadirkan panelis, pada segmen tanya jawab juga ada pertanyaan dari masyarakat yang telah melalui proses seleksi serta verifikasi.

Panelis pada debat terakhir kali ini yakni Biyanto asal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Dian Fericha asal IAIN Tulungagung, Andy F Wijaya dari Universitas Brawijaya Malang dan Kris Nugroho dari Universitas Airlangga Surabaya. Sedangkan, moderator pada debat yang akan ditayangkan langsung oleh TV One mulai pukul 19.30 hingga 22.00 WIB tersebut adalah presenter Brigita Manohara.

“Tema debat terakhir ini adalah Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik,” ucap Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat tersebut.

Sementara itu, Khofifah Indar Parawansa mengaku sudah siap menghadapi debat publik terakhir nanti. Soal pemerintahan dan pelayanan publik, mantan Menteri Sosial ini mengaku sudah punya bekal cukup dari pengalaman aktif di pemerintahan legislative dan eksekutif level nasional sejak tahun 1992. “Kalau ada ketentuan harus pakai Bahasa Jawa, Insya Allah bisa, karena saya kan asli Suroboyo rek. Kalau ketemu masyarakat juga pakai Bahasa Jawa, jadi bisa ngerti kalau dialog sama masyarakat,” jelas Khofifah.

Sementara itu, tim pemenangan Gus Ipul Puti, Yayuk mengatakan Tim paslon 2 sangat siap dengan tema debat terakhir ini. Ia berharap masyarakat bisa menentukan pilihannya dari melihat debat nanti. “Gus Ipul telah pengalaman sebagai wakil gubernur dua periode, jadi sangat menguasai soal tema debat ini,” sebut Yayuk. rko

About redaksi

Check Also

Hari ini, Kemenangan Khofifah-Emil diresmikan KPU

Post Views: 12 JatimMandiri, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan saat ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.