Anggota Komisioner KPU Jatim. Choirul Anam (dua dari kiri).

Hari ini, Kemenangan Khofifah-Emil diresmikan KPU

JatimMandiri, Surabaya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur menyatakan saat ini sudah ada 38 KPU se jawa Timur sudah mengirimkan logistik atau kotak suara hasil rekapitulasi suara hasil Pilkada Jatim 27 Juni 2018 di kantor KPU Jatim.

“KPU Jatim sudah menerima seluruh kotak hasil rekapitulasi ini mulai kemarin Kamis (5/7), dan yang datang terakhir kotak suara ini terakhir pada pukul 14.00 , (kemarin, red) yaitu KPU kota Malang,” ujar AnggotaKPU Jatim, M. Arbayanto ditemui saat media getering persiapan penghitungan suara pilgub Jatim di kator KPU Jatim, Jumat (6/7).

Dikatakannya, untuk proses rekapitulasi penghitungan suara ditingkat kabupaten/kota di Jatim sudah berjalan sesuai jadwal dan berjalan lancar yaitu mulai tanggal 4 – 6 Juli 2018. “secara umum proses rekapitulasi tidak masalah ditingkat kabupaten/kota, dan selanjutnya proses rekapitulasi akan dilaksanakan ditingkat Provinsi Jatim pada tanggal 7 juli 2018 (hari ini, red),” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan, untuk permasalahan yang muncul saat proses rekapitulasi suara hasil pilkada Jatim 2018 ditingkat kabupaten/kota. Yaitu perbedaan sinkronisasi data pemilih dengan hak guna pemilih terjadi ketidakcocokan. Namun masalah itu sudah selesai oleh teman – teman di KPU kabupaten/kota dan Panwaslu. Sehingga masalah tersebut tidak sampai menonjol.

“Pihaknya berharap masalah tersebut tidak akan muncul di proses rekapitulasi ditingkat Provinsi, bahkan proses rekapitulasi penghitungan Suara ditingkat provinsi bisa berjalan lancar dan cepat tepat waktu,” harapnya.

Sementara itu Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengatakan tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim telah selesai dilalui mulai kampanye, pencoblosan pada 27 Juni 2018, dan rekapitulasi ditingkat kabupaten/kota berjalan dengan lancar.

“Semua tahapan berjalan dengan lancar, bahkan PSU rekomendasi dari tim Panwaslu juga telah dilaksanakan di tiga daerah. dan pihaknya berharap pelaksanaan rekapitulasi suara hasil pilkada tingkat provinsi juga berjalan dengan aman, dan lancar,”ujar Eko yang juga mantan ketua KPU Surabaya

Dalam pantauan dilapangan, Kotak suara hasil rekapitulasi ini dijaga ketat dua anggota kepolisian dari Polda Jatim, serta juga dibantu staf dari KPU Jatim. Dan selain petugas KPU dan kepolisian dilarang masuk. Rko

About redaksi

Check Also

AHY Apresiasi Pakde Karwo Menangkan Khofifah-Emil

Post Views: 24 Ahy usai sowan ke Pakde Karwo di Grahadi, Surabaya, Sabtu (30/6/2018). JM/Riko …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

JatimMandiri
Assign a menu in the Left Menu options.